Saturday, February 10, 2018

MENYUSUN RPP

LANGKAH MENYUSUN RPP

A.    Konsep
1.    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih, dikembangkan berdasarkan silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran dan penilaian peserta didik dalam mencapai Kompetensi Dasar (KD). Setiap guru di setiap satuan pendidikan wajib menyusun RPP untuk kelas di mana guru tersebut mengajar. Penyusunan RPP dilakukan sebelum awal semester atau awal tahun pelajaran dimulai dan perlu diperbarui sesuai perkembangan dan kebutuhan peserta didik.
2.    Penyusunan RPP harus menerapkan prinsip-prinsip pedagogis secara tertulis untuk direalisasikan dalam kegiatan pembelajaran, sehingga peserta didik memperoleh pengalaman belajar yang efektif dalam mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. RPP disusun agar proses pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
3.    Pengembangan RPP dapat dilakukan oleh masing-masing guru atau kelompok guru mata pelajaran tertentu yang difasilitasi dan disupervisi oleh kepala sekolah atau guru senior yang ditunjuk oleh kepala sekolah, atau melalui MGMP antar sekolah atau antar wilayah yang dikoordinasikan dan disupervisi oleh pengawas atau dinas pendidikan. Dalam mengembangkan RPP, guru harus memperhatikan silabus, buku teks peserta didik, dan buku guru.
B.    Deskripsi
1.            Komponen dan Sistematika RPP
Mengacu pada Permendikbud Nomor 103 tahun 2014 tentang Pembelajaran, RPP merupakan rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pembelajaran atau tema tertentu sesuai dengan silabus.
Komponen RPP mencakup: (1) identitas sekolah/nama satuan pendidikan, mata pelajaran, dan kelas/semester; (2) alokasi waktu; (3) KI, KD, Indikator Pencapaian Kompetensi; (4) tujuan pembelajaran; (5) materi pembelajaran; (6) pendekatan, model dan metode; (7) media/alat, bahan, dan sumber belajar; (8) langkah-langkah pembelajaran, dan (9) penilaian pembelajaran.
Komponen RPP untuk SMK secara operasional diwujudkan dalam bentuk format sebagai berikut.
FORMAT RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah               : …...........................................................................
Mata Pelajaran     : …...........................................................................
Kelas/Semester    : ……........................................................................
Alokasi Waktu      : …...........................................................................
A.  Kompetensi Inti
1.  Pengetahuan
2.  Keterampilan
B.  Kompetensi Dasar
1.  KD pada KI pengetahuan
2.  KD pada KI keterampilan
C.  Indikator Pencapaian Kompetensi
1.  Indikator KD pada KI pengetahuan
2.  Indikator KD pada KI keterampilan
D.  Tujuan Pembelajaran
E.  Materi Pembelajaran
(Rincian dari Materi Pokok Pembelajaran)
F.  Pendekatan, Model dan Metode
G.  Kegiatan Pembelajaran
1.  Pertemuan Kesatu:*)
a.  Pendahuluan/Kegiatan Awal (… menit)
b.  Kegiatan Inti (... menit)
c.   Penutup (… menit)
2.  Pertemuan Kedua:*)
a.  Pendahuluan/Kegiatan Awal (… menit)
b.  Kegiatan Inti (... menit)
c.   Penutup (… menit),
dan pertemuan seterusnya.
H.  Penilaian Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan
1.  Instrumen dan Teknik Penilaian
2.  Analisis Hasil Penilaian
3.  Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

I.   Media, Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.  Media
2.  Alat
3.  Bahan
4.  Sumber Belajar

Mengetahui
Kepala ……..........................

NIP
______________, _________
Guru Mata Pelajaran,

NIP
2.            Langkah-langkah Penyusunan RPP
RPP disusun melalui langkah-langkah berikut;
a.     Analisis Program Semester
Analisis program semester merupakan langkah awal sebelum menyusun RPP. Analisis ini dikembamgkan berdasarkan alur pencapaian kompetensi, dimaksudkan untuk menentukan urutan pembelajaran kompetensi dasar (KD) per semester yang dikembangkan berdasarkan silabus. Analisis program semester juga dilakukan untuk menentukan alokasi waktu yang di setiap pasangan kompetensi dasar (KD). Tabel 1 berikut merupakan contoh analisis program semester pada mata pelajaran Simulasi Digital.
Tabel 1. Hasil Analisis Program Semester/Pasangan KD
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Semester/ Jam Pelajaran
KD 3.2
menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui pemanfaatan perangkat lunak pengolah informasi.


KD 4.2
menyajikan hasil pengelolaan informasi digital melalui pemanfaatan perangkat lunak pengolah informasi.
1.    Pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring asinkron
2.    Pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring sinkron

6
KD 3.1

KD 4.1


4
KD 3.3

KD 4.3


8
Jumlah JP/KD per semester

18
Berdasarkan Tabel diatas, guru membuat Analisis Program Semester berdasarkan dokumen silabus.
b.     Mengembangkan RPP dengan menggunakan format RPP yang pengisiannya mengikuti rambu-rambu yang tercantum pada Tabel 2.
Tabel 2. Rambu-rambu Pengembangan RPP
No.
Komponen
Keterangan
1.
a.   Identitas Sekolah
b.   Mata Pelajaran

c.   Kelas/Semester
a.  Diisi nama satuan pendidikan.
b.  Diisi nama Mata Pelajaran, seperti tertera pada Struktur Kurikulum.
c.  Diisi kelas dan semester; ganjil/genap.
2.
Alokasi waktu
Diisi jumlah jam pelajaran hasil analisis program semester.
3.
Kompetensi Inti
Disalin dari Kompetensi Inti yang tertuang pada Lampiran Permendikbud Nomor ……. tentang Kurikulum SMK 2013 untuk KI pengetahuan dan KI keterampilan.
4.
Kompetensi Dasar
a.  KD disalin dari Lampiran Permendikbud Nomor  60 Tahun 2014 tentang Strutur Kurikulum SMK dan SK Dirjen Nomor 1769/D 3.3/KEP/KP/2014 tentang Silabus Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar Program Keahlian (C2) dan Paket Keahlian (C3) SMK/MAK.
b.  Rumusan KD dituliskan untuk KD dari pengetahuan dan KD dari keterampilan.
5.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Dirumuskan sesuai kaidah pengembangan IPK KD
Contoh IPK KD Pengetahuan
3.2   Menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui pemanfaatan perangkat lunak pengolah informasi

Berdasarkan dimensi pengetahuan dan proses kognitif, maka IPK dari KD pengetahuan di atas sebagai berikut:
3.2.1    Menjelaskan simbul yang digunakan pada komunikasi daring online;
3.2.2    Menjelaskan pengertian komunikasi daring online;
3.3.3    Mendeskripsikan jenis-jenis komunikasi daring online;
3.3.4    Menentukan teknik komunikasi daring online yang akan digunakan sesuai jenis alat yang disediakan
Contoh IPK KD Keterampilan
4.2 .  Menyajikan hasil pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring online..
Berdasarkan KD 4.8 tersebut, kata “menyajikan” adalah dimensi keterampilan konkret pada gradasi minimal P1 = level keterampilan konkret imitasi (minimal kelas X).
Berdasarkan analisis tersebut, maka IPK nya adalah:
4.2.1   Melakukan komunikasi daring asinkron dan sinkron berdasarkan contoh.
4.2.2   Mendemonstrasikan komunikasi daring asinkron dan sinkron berdasarkan tugas
6.
Tujuan Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran dikembangkan sesuai rumusan tujuan pembelajaran.
Berdasarkan IPK di atas, maka rumusan tujuan pembelajarannya yaitu:
1.   Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik akan dapat menjelaskan pengertian komunikasi daring online sesuai dengan buku teks secara santun.
2.   Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik akan dapat menjelaskan 4 simbul yang digunakan pada pengelolaan informasi digital daring online sesuai dengan buku teks secara santun.
3.   Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik akan dapat menjelaskan 2 jenis pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring online dengan santun.
4.   Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik akan dapat menentukan kebutuhan pokok fasilitas yang diperlukan untuk pengelolaan informasi digital daring online secara mandiri.


5.   Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik akan dapat menjelaskan cara melakukan komunikasi daring online dengan percaya diri.
6.   Disediakan peralatan komunikasi dan jaringan internet, peserta didik akan dapat melakukan komunikasi daring asinkron dan sinkron berdasarkan contoh dengan percaya diri.
7.   Disediakan peralatan komunikasi dan jaringan internet, peserta didik akan dapat mendemonstrasikan komunikasi daring asinkron dan sinkron berdasarkan tugas sesuai prosedur dengan percaya diri.
7.
Materi Pembelajaran
Materi Pembelajaran dikembangkan sesuai rumusan materi pembelajaran
Berdasarkancontoh tujuan pembelajaran diatas maka materi pembelajarannya adalah:
1.   Pengertian komunikasi daring online
2.   Simbol pada digital daring online
3.   Jenis komunikasi daring online
4.   Kebutuhan pokok fasilitas komunikasi daring online
5.   Cara melakukan komunikasi daring online
Materi yang dikembangkan termasuk materi pengayaan (dapat dikembangkan berdasarkan buku siswa, referensi lain), materi yang terintegrasi dengan muatan lokal, dan materi yang diintegrasikan pada kegiatan ekstrakurikuler.
8.
Pendekatan, Model dan Metode Pembelajaran
Diisi dengan model pembelajaran yang sesuai dengan KD dan IPK (lihat konsep Pemahaman Proses Pembelajaran: Tabel Perancah Pemaduan Sintaksis Model Pembelajaran dan Pendekatan Saintifik).
9.
Kegiatan Pembelajaran
a.   Diisi mengacu sintaks model pembelajaran yang ditetapkan.
b.   Langkah-langkah kegiatan pembelajaran diorganisasikan menjadi kegiatan yang terdiri atas:
1)   Kegiatan Pendahuluan
Pada kegiatan pendahuluan guru:
·   Mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
·   Mendiskusikan kompetensi yang telah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya terkait dengan kompetensi yang akan dipelajari.


·   Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya bagi kehidupan.
·   Menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
·   Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
2)   Kegiatan Inti
·   Diisi dengan kegiatan siswa dan guru, dapat mengikuti urutan sintaks model belajar yang dipadukan dengan pendekatan saintifik (hasil analisis pemaduan model tugas sesi 3).
·   Kegiatan 5M tersebut tidak harus terjadi sekaligus pada satu kali pertemuan, tetapi disesuaikan dengan karakteristik materi yang sedang dibahas.
Catatan: sintaksis (langkah-langkah) model pembelajaran dan langkah pendekatan saintifik (5M) dapat menggunakan hasil penataan dari format perancah.
3)   Kegiatan Penutup
Kegiatan penutup meliputi antara lain:
·   membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
·   refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
·   merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
·   menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
10.
Penilaian
a. Diisi dengan hasil analisis teknik dan instrumen penilaian (hasil pembelajaran sesi 4).
Contoh:
KD
Teknik Penilaian
Instrumen
KD 3.2 menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring

1.  Tes Tertulis
2.  Penugas an

1.  Soal tes tertulis
2.  Lembar tugas dan Lembar penilaian tugas
KD 4.2
Menyajikan hasil pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring online..

1.  Tes praktik/ unjuk kerja

1.   Lembar soal praktik dan Lembar observasi unjuk kerja
b. Diisi dengan program remedial dan pengayaan.
11.
Media, Alat, dan Sumber Belajar
Diisi dengan:
a. Sarana, alat bantu dan bahan yang digunakan pada proses pembelajaran di setiap RPP.
b. Sumber belajar dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan untuk setiap pertemuan sesuai dengan tuntutan KD.
c. Sumber belajar ditulis sesuai ketentuan penulisan literatur/referensi.
Contoh:
KD
Media, Alat , Bahan, dan Sumber Belajar
KD 3.2 menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring





KD 4.2
Menyajikan hasil pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring online..
Media:
N focus/LCD

Alat, bahan:
Fasilitas komunikasi daring dan jaringan internet

Sumber belajar: buku teks pembelajaran, buku referensi lain




C.    Tugas/Latihan
1.    Lakukanlah analisis program semester berdasarkan alur pencapaian kompetensi untuk satu semester.
2.    Susunlah RPP berdasarkan hasil “Analisis KD Pengetahuan dan Keterampilan” serta “Pemaduan Sintaks Model Pembelajaran dan Pendekatan Saintifik” sesuai dengan format RPP yang tertuang pada Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum SMK tentang RPP.
1.   Kompetensi:
Mampu memvalidasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah serta Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah .
2.   Tujuan:
Melalui kegiatan telaah RPP, peserta mampu menganalisis RPP yang menerapkan pendekatan saintifik dan sesuai dengan prinsip-prinsip pengembangan RPP.
a.     Kerjakan tugas ini secara kelompok. Kelompok pada tugas ini sama dengan kelompok penyusun RPP.
b.     Siapkan RPP dari kelompok lain yang akan ditelaah.
a.     Pelajari format telaah RPP. Cermati maksud dari setiap aspek dalam format.
b.     Cermati RPP hasil kelompok lain yang akan ditelaah.
c.     Isilah format sesuai dengan petunjuk pada format telaah RPP.
d.     Berikan catatan khusus atau alasan Anda memberi skor pada suatu aspek pada RPP.
e.     Berikan masukan atau rekomendasi secara umum sebagai saran perbaikan RPP pada kolom yang tersedia.
Berilah tanda cek (V) pada kolom skor 1, 2, 3 sesuai dengan kriteria yang tertera pada kolom tersebut.


Berikan catatan atau saran untuk perbaikan RPP sesuai penilaian Anda
Isilah Identitas RPP yang ditelaah.
Nama Guru        :.............................................
Mata pelajaran   :.............................................
Topik/Subtopik  :.............................................
No
Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Hasil Penelaahan dan Skor
Catatan revisi
1
2
3
A
Identitas Mata Pelajaran
Tidak ada
Kurang Lengkap
Sudah Lengkap

1.
Terdapat: satuan pendidikan, kelas, semester, mata pelajaran jumlah pertemuan




B
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar




1
Kompetensi Inti




2
Kompetensi Dasar




C.
Perumusan Indikator
Tidak Sesuai
Sesuai Sebagian
Sesuai Seluruhnya

1.
Kesesuaian dan ketepatan penggunaan kata kerja operasional aspek pengetahuan dengan Kompetensi Dasar




2.
Kecukupan jumlah indikator aspek pengetahuan




3.
Kesesuaian dan ketepatan penggunaan kata kerja operasional aspek keterampilan dengan Kompetensi Dasar.




4
Kecukupan jumlah indikator aspek keterampilan




D.
Perumusan Tujuan Pembelajaran
Tidak Sesuai
Sesuai Sebagian
Sesuai Seluruhnya

1
Menggambarkan lingkup materi dalam KD pengetahuan dan KD keterampilan




2
Rumusan tujuan pembelajaran menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dana tau diukur, mencakup ranah sikap, ranah pengetahuan, dan ranah keterampilan



3
Rumusan tujuan pembelajaran mengandung komponen Audience, Behaviour, Condition, dan Degree




E.
Pemilihan Materi Ajar
Tidak Sesuai
Sesuai Sebagian
Sesuai Seluruhnya

1.
Kesesuaian dengan kedalaman KD




2.
Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran



3
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik



4
Keruntutan uraian materi ajar



F.
Pemilihan Sumber Belajar
Tidak Sesuai
Sesuai Sebagian
Sesuai Seluruhnya

1.
Kesesuaian dengan Tujuan pembelajaran




2.
Kesesuaian dengan materi pembelajaran



3
Kesesuaian dengan pendekatan saintifik



4.
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik



G.
Pemilihan Media Belajar
Tidak Sesuai
Sesuai Sebagian
Sesuai Seluruhnya

1.
Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran




2.
Kesesuaian dengan materi pembelajaran



3
Kesesuaian dengan pendekatan saintifik



4.
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik



H.
Model Pembelajaran
Tidak Sesuai
Sesuai Sebagian
Sesuai Seluruhnya


1.
Kesesuaian model yang dipilih dengan arah pernyataan KD3 dan KD4 (pencarian/penemuan atau jasa/produk)





2.
Kesesuaian model yang dipilih dengan tingkatan dimensi pengetahuan KD3





3.
Kesesuaian model yang dipilih dengan tingkatan taksonomi KD4





I
Metode Pembelajaran
Tidak Sesuai
Sesuai Sebagian
Sesuai Seluruhnya


1
Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran





2
Kesesuaian dengan karakteristik materi





3
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik





J.
Skenario Pembelajaran
Tidak Sesuai
Sesuai Sebagian
Sesuai Seluruhnya


1.
Kegiatan pendahuluan berisi: apersepsi (menghubungkan dengan materi terdahulu atau kejadian sehari-hari), ruang lingkup, tujuan pembelajaran, teknik penilaian





2.
Kegiatan inti berisi:






a.   Memfasilitasi kegiatan siswa untuk mengamati, mendengar, menonton dan melihat






b.   Mendorong siswa untuk bertanya apa, mengapa dan bagaimana berbentuk perumusan masalah






c.   Membimbing siswa untuk mengumpulkan informasi/ eksplorasi dalam rangka menjawab pertanyaan






d.   Membimbing siswa untuk menyimpulkan/mensintesia data atau informasi yang terkumpul






e.   Memotivasi siswa untuk mengomunikasikan





3.
Kegiatan penutup berisi rangkuman, refleksi, dan tindak lanjut






a.   Memfasilitasi dan membimbing siswa merangkum materi pelajaran






b.   Memfasilitasi dan membimbing siswa merefleksi kegiatan yang sudah dilaksanakan






c.   Memberikan umpan balik terhadap hasil pembelajaran





K.
Rancangan Penilaian Pembelajaran
Tidak Sesuai
Sesuai Sebagian
Sesuai Seluruhnya


1
Kesesuaian bentuk, tehnik dan instrument dengan indikator pencapaian kompetensi




2.
Kesesuaian antara bentuk,tehnik dan instrument Penilaian Sikap




3.
Kesesuaian antara bentuk, tehnik dan instrument Penilaian Pengetahuan




4.
Kesesuaian antara bentuk, teknik dan instrumen Penilaian Keterampilan




Jumlah Skor



..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Rubrik Penilaian RPP ini digunakan peserta pada saat penelaahan RPP peserta lain dan digunakan fasilitator untuk menilai RPP yang disusun oleh masing-masing peserta. Selanjutnya nilai RPP dimasukan kedalam nilai portofolio peserta.
Langkah-langkah penilaian RPP sebagai berikut:
a.     Cermati format penilaian RPP dan RPP yang akan dinilai;
b.     Berikan nilai pada setiap komponen RPP dengan cara membubuhkan tanda cek (√) pada kolom pilihan (skor = 1) , (skor = 2), atau (skor = 3) sesuai dengan penilaian Anda terhadap RPP yang ditelaah atau dinilai;
c.     Berikan catatan khusus atau saran perbaikan perencanaan pembelajaran;
d.     Setelah selesai penilaian, hitung jumlah skor yang diperoleh, dan
e.     Tentukan nilai menggunakan rumus di bawah.



Peringkat
Nilai
Amat Baik (AB)
90<AB100
Baik (B)
80<B≤90
Cukup (C)
70<C≤80
Kurang (K)
70

 

 






CARA PERBAIKAN GEDUNG SEKOLAH DENGAN MUDAH

     Pada kesempatan ini penulis akan membahas cara perbaikan gedung sekolah dengan mudah, karena bukan hanya perangkat adminstrasi guru saj...